SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
arti ilmu biologi
|
Arti biologi
karakteristik kaitan dengan teknologi manfaat belajar biologi
|
·
Diskusi
tentang apa biologi
|
- Observasi (lisan)
|
2 jam
pelajar-an (2 x 45 menit)
|
- Gambar poster tentang hewan, tumbuhan,
penemuan- penemuan dalam biologi
- Buku perpustakaan
- Artikel di berbagai media
|
·
Menjelaskan
karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Agama
|
·
Diskusi
tentang karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Alam dan
kaitannya dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
- Observasi (lisan)
- Tertulis
|
Pertemuan
minggu I
|
||
|
|
·
Mencari
informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinya dan masyarakat (Tugas
dirumah)
|
- Laporan
|
Tugas di rumah
|
|
|
|
·
Berkomunikasi
ilmiah melalui pemaparan hasil pencarian informasi tentang manfaat
mempelajari biologi (Minggu ke II)
|
- Observasi
|
- Pertemuan minggu ke II
|
- OHP
- Multi media
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
|
Mendeskripsikan
objek dan persoalan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
(molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyajikan
data contoh tentang objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
·
Objek
biologi , persoalan biologi, tingkat organisasi kehidupan
|
·
Mengamati
objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan di sekitar sekolah
|
- Observasi (lisan)
- Tertulis
|
2 jam pelajaran
(Minggu III)
|
- LKS
- Poster
|
·
Diskusi
tentang persolan biologi yang mungkin dialami oleh siswa
|
- Lisan
|
||||
·
Menjelaskan
cara mempelajari biologi
|
|
·
Sambil
berdiskusi pada awal pelajaran, siswa melakukan percobaan pengaruh air
terhadap tekanan turgor pada daun
|
- Tertulis
|
2 jam pelajaran
(MingguIV)
|
|
·
Menjelaskan
cabang biologi yang sesuai dengan objek, persoalan, dan tingkat organisasi
kehidupan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
|
Biologi
|
Kelas/Semester :
|
X/I
|
Pertemuan ke :
|
1
|
Alokasi Waktu :
|
2 jam pelajaran
|
Standar
Kompetensi :
|
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
|
Kompetensi
Dasar :
|
Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
|
Indikator :
|
- Menjelaskan arti ilmu biologi
- Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
sebagai ilmu pengetahuan
- Menjelaskan kaitan biologi dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
- Menganalisis manfaat belajar biologi
bagi sirinya dan masyarakat
|
I. Tujuan Pembelajaran :
|
- Siswa mempunyai pemahaman biologi
- Siswa mempunyai wawasan bahwa biologi
terdiri dari proses dan produk
- Siswa menjelaskan hubungan biologi
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
- Siswa memberi contoh teknologi yang
berbasis biologi
- Siswa Menjelaskan kasus yang dapat
membedakan pemecahan masalah yang didasari biologi dan tidak didasari
pemahaman biologi
- Siswa menjelaskan kemungkinan-kemungkinan
yang terjadi pada peristiwa sehari-hari akibat kurangnya pemahaman terhadap
biologi.
|
|
|
|
|
II. Materi Ajar :
|
- Arti biologi, karakteristik biologi yaitu
proses dan produk
- Biologi sebagai dasar teknologi
- Hubungan biologi dengan lingkungan dan
masyarakat
- Manfaat biologi bagi dirinya dan masyarakat.
|
|
|
|
|
III. Metode
Pembelajaran:
|
- Diskusi
- Ceramah
- Mencari informasi
- Tanya Jawab
- Presentasi
|
|
|
|
|
IV
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
|
A.
|
Kegiatan awal (10 menit)
|
|
|
·
Siswa
digali pemahaman yang tidak dimiliki dengan tanya jawab dan diskusi tentang
apa yang telah dipelajari dalam biologi di SMP
|
|
|
|
|
B.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
|
|
|
·
Siswa
diajak mendefinisikan dengan kalimatnya sendiri tentang biologi
·
Siswa
diskusi kelas tentang apa yang dikerjakan oleh seorang ahli biologi
·
Siswa
menyimpulkan karakteristik biologi berdasarkan hasil paparan guru dan diskusi
kelas.
·
Siswa
menyajikan informasi tentang hubungan biologi yang dipelajarinya dengan
lingkungan, yaitu mengapa ada hutan gundul, banjir, pencemaran lingkungan dan
kaitannya dengan ilmu biologi
·
Siswa
menjelaskan peran biologi terhadap perkembangan masyarakat, misalnya
kecenderungan memilih sayuran dan buah alami tanpa bahan berbahaya.
·
Siswa
diskusi tentang perkembangan bioteknologi yang berdasar pada ilmu biologi.
|
|
C.
|
Kegiatan penutup (20 menit)
|
|
|
·
Guru
membuat kesimpulan dari kegiatan pada pertemuan I ini
·
Guru
melakukan test dengan memberi pertenyaan lisan kepada siswa
·
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mencari informasi manfaat mempelajari
biologi bagi dirinyadan masyarakat.
|
|
V. Alat dan
Sumber Belajar:
|
Gambar postertentang hewan, alam tumbuhan ,
contoh-contoh penemuan biologi informasi tertulis dari media, buku
perpustakaan, jika perlu, mendatangkan nara sumber (ahli biologi, dosen,
dokter dll).
|
|
|
|
|
VI. Penilaian
|
|
|
A.
|
Lisan.
Penilaian ditekankan pada pemahaman siswa
terhadap alur masalah yang didiskusikan dan pengetahuan mereka terhadap
materi baik pengetahuan yang telah dimiliki maupun pengetahuan baru antara
lain :
|
|
|
·
Apa
yang dipelajari dalam biologi
·
Ruang
lingkup biologi
·
Karakteristik
biologi sebagai ilmu pengetahuan
·
Apakah
proses sains
·
Apakah
proruk sians
·
Contoh-contoh
proses dan produk sains
·
Menjelaskan
peran biologi pada kelestarian lingkungan (pencegahan dan remediasi
lingkungan tercemar)
·
Menjelaskan
peran biologi terhadap perkembangan masyarakat
·
Bagaimana
peran biologi dalam memperediksi menjelaskan, mengontrol kegiatan kita.
|
|
B.
|
Contoh penilaian tertulis
|
|
|
1. Soal essey
|
|
|
Seorang ahli biologi meneliti tentang pencemaran logam berat terhadap
pertumbuhan cendawan. Berdasarkan kalimat di atas, identifikasi objek,
persoalan, dan tingkat organisasi kehidupan yang mungkinterlibat.
|
|
|
2. Seseorang ingin mengamati pertumbuhan
kecambah kacang hijau dengan cahaya dan tanpa cahaya. Yang akan diamati dari
pertumbuhan kecambah adalah : Pertambahan panjang batang, warna daun, arah
gerak dan jumlah kecambah yang hidup.
|
|
|
·
Berdasarkan
hal tersebut, proses apa saja yang harus dilakukan oleh seorang peneliti dari
mulai perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya.
·
Data
yag diperoleh berupa data apa?
Kualitatif atau kuantitatif?
Jelaskan.
|
|
Pedoman penskoran-penskoran
1.
|
Objek = cendana → kelompok fungsi
→ nilai 1
|
|
persolan : pencemaran lingkungan
→ nilai 1
pertumbuhan dan perkembangan → nilai 1
|
|
Tingkat organisasi kehidupan : tingkatan organisasi → nilai 1
Maksimum score → nilai
4
|
|
|
2.
|
Proses : Perencanaan : - membuat hipotesa
- menentukan variabel
- variabel tetap
- variabel percobaan
- menentukan data yang akan dicatat
|
|
Pelaksanaan : - mengamati
- mencatat
data dalam tabel
-
mengelompokkan data
|
|
|
|
Pelaporan : - organisasi data
- kesimpilan
- sesuai atau
tidak sesuai hipotesis
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar