Rabu, 22 Juni 2011

Taksonomi

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Rodentia
Family: Muridae
Subfamily: Murinae
Genus: Mus
Subgenus: Mus
Species: M. musculus


________________________________________

Baca juga: Tikus untuk Penelitian Laboratorium 
Melayani Tikus Rat (Rattus norvegicus) dan Mencit (Mus musculus) untuk penelitian. Tersedia Strain Wistar dan Spargue Dawley (SD), segala usia dan bobot tubuh.
________________________________________
Asal dan Habitat
Tikus putih atau mencit adalah tikus rumah rumah adalah binatang asli Asia, India, dan Eropa Barat. Jenis ini sekarang ditemukan di seluruh dunia karena pengenalan oleh manusia. Tikus adalah binatang yang hidup bersama, tinggal di dalam selama cuaca dingin dan bergerak di luar selama musim semi dan musim panas, bentuk-bentuk liar, tinggal di luar sepanjang hidup mereka, dan dikurung binatang, terus untuk penelitian, pengujian, mengajar, hewan peliharaan dan mewah. Meskipun tikus liar aktif di malam hari, mencit peliharaan memiliki periode kegiatan selama siang dan malam. Tikus memakan makanan manusia dan barang-barang rumah tangga. Di alam liar, tikus memakan biji-bijian, akar berdaging, daun, batang, serangga, dan beberapa daging, jika tersedia. Tikus liar dan membangun sarang di mana pun dan makanan penutup yang cocok ada.
Penggunaan
Mencit kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan dan mewah. Namun, sebagian besar tikus diperoleh dari peternak hewan laboratorium untuk digunakan dalam penelitian biomedis, pengujian, dan pendidikan. Bahkan, tujuh puluh persen dari semua hewan yang digunakan dalam kegiatan biomedis tikus. Melebihi dari 1000 saham dan strain tikus telah dikembangkan, serta ratusan mutan saham yang digunakan sebagai model penyakit manusia. Dalam hal genetika, mouse adalah mamalia dicirikan paling lengkap.
Penanganan
Mencit diangkat oleh menggenggam pangkal ekor dengan satu jari atau ibu jari berujung karet forsep. Ini adalah teknik yang berguna untuk mentransfer tikus dari satu kandang yang lain. Untuk secara manual menahan mouse, mouse pertama yang diangkat oleh pangkal ekor, maka kulit longgar di leher / pundak daerah adalah seseorang ditangkap antara ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini akan lebih mudah dengan mengangkat mouse, yang memungkinkan mouse untuk memahami sebuah kandang kawat atas atau permukaan lainnya dengan forelimb, kemudian memegang kulit leher / harus daerah. Dengan sedikit latihan, mouse dapat diangkat dan ditahan dengan teknik satu tangan. Ketika tangan memegang, mouse harus terbalik sehingga berat mouse terletak di telapak tangan. Di ujung caudal mouse dikendalikan dengan menempatkan penangan ekor antara keempat dan kelima jari.
Merebut ekor selain di dasar dan mengangkat mouse dapat mengakibatkan slip pada kulit dan jaringan subkutan, dan kemudian nekrosis, infeksi, dan peluruhan dari caudal vertebra.
Anatomi dan Fisiologi
o Dewasa berat badan: 25 – 40 g (betina); 20-40 g (pria)
o Life span: 1.5 – 3 tahun
o Pernapasan rate: 94-163 napas / menit
o Denyut jantung: 325-780 denyut / menit
o dubur rata-rata suhu normal: 99,5 ° F
o rumus gigi adalah 2 (I 1 / 1, M 3 / 3) = 16. Terbuka di gigi seri-berakar dan tumbuh terus menerus. Tikus akan menggigit atau “sejumput” dengan gigi seri tajam jika mishandled.
o perut dibagi menjadi bagian nonglandular proksimal dan bagian distal kelenjar. Kedua bagian yang terlalu berbeda. Ini mirip dengan perut kuda.
o paru-paru kiri terdiri dari satu lobus, sedangkan paru kanan terdiri dari empat lobus.
o tikus memiliki lima pasang kelenjar susu. Distribusi jaringan mammae menyebar, membentang dari garis tengah ventral atas panggul, dada, dan bagian leher.
o Sangat berkonsentrasi urin diproduksi; jumlah besar protein diekskresikan dalam urin.
o tikus memiliki zona thermoneutral sempit mamalia apapun sejauh diukur. Sebuah mouse menanggapi penurunan suhu oleh nonshivering thermogenesis, dan dengan kenaikan temperatur lingkungan dengan mengurangi laju metabolik dan meningkatkan vascularization dari telinga. Nonshivering thermogenesis dapat menghasilkan peningkatan tiga kali lipat tingkat metabolisme dasar, dan untuk sebagian besar terjadi pada lemak cokelat. Konsentrasi tertinggi lemak cokelat ditemukan dalam jaringan subkutan antara scapulae. Brown lemak juga disebut kelenjar berhibernasi, walaupun mouse tidak hibernate.
o Bedding harus diubah dua kali seminggu. Tanah tongkol jagung yang paling penyerap.
Nutrisi
Mencit harus diberi makan pelleted komersial tikus atau hewan pengerat diet dan air lib iklan. Ini diet yang bergizi lengkap dan tidak memerlukan suplemen.
Makanan asupan sekitar 15g/100g BB / hari; asupan air sekitar 15 ml/100g BB / hari.
Reproduksi
Breeding awal adalah sekitar 50 hari usia di kedua perempuan dan laki-laki, meskipun mungkin betina estrus tama mereka pada 25-40 hari. Tikus polyestrous dan berkembang biak sepanjang tahun; ovulasi spontan. Lamanya siklus estrus 4-5 hari dan estrus itu sendiri berlangsung sekitar 12 jam, terjadi di malam hari. Vagina smear berguna dalam perkawinan waktunya untuk menentukan tahap siklus estrus. Perkawinan biasanya terjadi pd malam hari dan dapat dikonfirmasi oleh kehadiran sebuah plug sanggama di vagina hingga 24 jam pasca-sanggama. Kehadiran sperma pada vagina smear juga merupakan indikator yang dapat diandalkan kawin.
Female tikus ditempatkan bersama-sama cenderung masuk ke anestrus dan tidak siklus. Jika terkena laki-laki tikus atau feromon seorang laki-laki tikus, sebagian besar perempuan akan masuk ke estrus dalam waktu sekitar 72 jam. Ini sinkronisasi dari siklus estrus dikenal sebagai efek Whitten. Pemaparan yang baru-baru ini dibesarkan mouse ke feromon laki-laki yang aneh tikus dapat mencegah implantasi (atau pseudopregnancy), sebuah fenomena yang dikenal sebagai efek Bruce.
Rata-rata periode kehamilan adalah 20 hari. Sebuah subur estrus postpartum terjadi 14-24 jam setelah kelahiran, dan simultan laktasi dan memperpanjang usia kehamilan usia kehamilan 3-10 hari karena implantasi tertunda. Sampah rata-rata ukuran 10-12 selama produksi optimal, tetapi sangat tergantung ketegangan. Sebagai aturan umum, bawaan tikus cenderung memiliki masa kehamilan lebih lama dan lebih kecil daripada outbred tandu dan hibrida tikus. Muda disebut anak-anak anjing dan berat 0,5-1,5 gram saat lahir, yang gundul, dan menutup kelopak mata dan telinga. Kanibalisme jarang terjadi, tetapi perempuan tidak boleh diganggu selama proses kelahiran dan untuk minimal 2 hari setelah melahirkan. Pups yang disapih pada usia 3 minggu; penyapihan berat 10-12 gram. Jika estrus postpartum tidak dimanfaatkan, resume perempuan bersepeda 2-5 hari postweaning.
Bayi tikus jantan yang baru lahir dibedakan dari betina dengan mencatat jarak yang lebih besar dan lebih besar anogenital genial papila pada pria. Hal ini paling baik dilakukan dengan mengangkat sampah ekor dan membandingkan pasangan perineums.
Pseudopregnancy durasi 1-3 minggu steril dapat mengikuti perkawinan, tetapi jarang diperhatikan.
Penyakit pada gerbil
o Penyakit bakteri
+ Tyzzer’s Disease: Bacillus piliformis
+ Menular murine kolon hiperplasia: Citrobacter rodentium
+ Pseudomoniasis: Pseudomonas aeruginosa
+ Pasteurellosis: Pasteurella pneumotropica
+ Salmonellosis: Salmonella typhimurium dan Salmonella enteritidis
+ Corynebacteriosis: Corynebacterium kutscheri
+ Murine pernafasan mycoplasmois: Mycoplasma pulmonis
+ Erythrozoon coccides
+ Hemobartonella muris
+ Staphylococcus, ulcerative radang kulit
o Penyakit Viral
+ Sendai Virus
+ Epizootic Diare dari Bayi Mice
+ Reovirus 3
+ Mouse Hepatitis Virus
+ Mousepox
+ Lymphocytic Choriomeningitis Virus
+ Pneumonia Virus of Mice
+ K Virus
+ Laktat dehidrogenase-mengangkat Virus
+ Mouse sitomegalovirus
+ Mouse Thymic Virus
+ Polyomavirus
+ Menit Virus Mice
+ Mouse adenovirus
+ Mouse Encephalomyelitis Virus
+ Encephalomyocarditis Virus
+ Murine Leukemia Virus
+ Ektasia Tumor Virus
o Parasitic Diseases
+ Protozoa Penyakit
# Toksoplasmosis: Toxoplasma gondii
# Spironucleus (Hexamita) muris
# Giardia muris
+ Cacing Infeksi
# Syphacia obvelata
# Aspicularis tetraptera
# Hymenolepis nana
# Hymenolepis diminuta
# Taenia taeniaeformis
+ Ectoparasites
# Polyplax serrata
# Myobia musculi
# Radifordia affinis
# Mycoptes musculinis
# Pserergates simplex
o Penyakit jamur
+ Trichophyton mentagrophytes
o Non-penyakit menular
+ Barbering
# Rambut kumis menggigit atau mengunyah, adalah manifestasi dari dominasi sosial.
# Daerah alopecia (rambut rontok) di sekitar moncong mungkin juga akibat dari abrasi terhadap permukaan kandang.
+ Tail menggigit, lesi kulit
# Tail menggigit dan lesi kulit lainnya yang dihasilkan oleh pertempuran juga manifestasi dari dominasi sosial.
# Walaupun tidak terbatas pada laki-laki, mereka cenderung menjadi lebih agresif.
+ Ektasia tumor
+ Lymphoblastic limfo
http://isroi.wordpress.com/2009/12/05/biologi-tikus-putih-mus-musculus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar