Rabu, 22 Juni 2011

MAKALAH PERKEMBANGAN HEWAN Tentang PEMBELAHAN PADA HEWAN

KELOMPOK VI
1.M.nailul Autar
A1C409053








Dosen Pengampu : Drs. Jodion Siburian M.Si


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2010
Kata Pengantar
Alhamdulillah, Puji Syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan atas terselesainya penulisan makalah yang berjudul: Pembelahan pada Hewan ini. Tak lupa pula kami sampaikan terima kasih kepada dosen mata kuliah Perkembangan Hewan, Bapak Drs. Jodion Siburian. M.Si atas ilmu yang telah beliau berikan selama perkuliahan ini.
Makalah ini disusun oleh kelompok Enam dengan tujuan untuk melengkapi tugas mata kuliah Perkembangan Hewan. Selanjutnya makalah ini insaalah akan dipresentasikan dalam bentuk Power Point. Kami berharap makalah ini dapat menjadi referensi bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang Pembelahan pada Hewan.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari taraf kesempurnaan, oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Teman-teman dan semua pihak yang membaca makalah ini. Dengan adanya kerja sama teman-teman Semoga kami dapat memperbaiki kekurangan kami, serta lebih baik pada masa-masa mendatang.
Amien ya Rabbal ‘alamin . . .


Jambi, November 2010




Penulis






BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pembelahan ataucleavage atau juga disebut segmentasi, terjadi setelah pembuahan. Zigot membelah berulang kali sampai terdiri dari berpuluh sel kecil, yang disebut blastomer.Pembelahan itu bias meliputi seluruh bagian, bisa pula hanya pada sebagian kecil zigot. Pada umumnya pembelahan itu terjadi secara mitosis. Meski sewaktu-waktu dapat juga disertai
oleh adanya pembelahan inti yang terus-menerus tanpa diikuti sitoplasma.
Pada umumnya pembelahan itu terjadi secara mitosis. Meski sewaktu-waktudapat juga disertai oleh adanya pembelahan inti yang terus-menerus tanpa diikutisitoplasma. Bidang pembelahan merupakan bidang yang ditempuh oleh arah pembelahanketika zigot mengalami mitosis terus menerus menjadi banyak sel.
1.2 Permasalahan
Adapun permasalah yang akan dibahas pada makalah ini, yaitu:
• Apa itu pembelahan
• Bagaimana struktur pembelahan pada hewan
• Bagai mana mekanisme pembelahan pada hewan.


BAB II
PEMBELAHAN PADA HEWAN
2.1 Pengertian
Pembelahan ataucleavage atau juga disebut segmentasi, terjadi setelah pembuahan. Zigot membelah berulang kali sampai terdiri dari berpuluh sel kecil, yang disebut blastomer. Pembelahan itu bias meliputi seluruh bagian, bisa pula hanya pada sebagian kecil zigot. Pada
umumnya pembelahan itu terjadi secara mitosis. Meski sewaktu-waktu dapat juga disertaioleh adanya pembelahan inti yang terus-menerus tanpa diikuti sitoplasma.
Bidang pembelahan adalah bidang yang ditempuh oleh arah pembelahan ketika zigot mengalami mitosis terus menerus menjadi banyak sel. Ada 4 macam bidang pembelahan :
1. Meridian
Melewati poros kutub animal-vegetal
2. Vertikal
Lewat tegak sejak dari kutub animal hingga vegetal. Bedanya dengan bidangmeridian, tak melewati poros kutub animal-vegetal. Bidang vertikal sejajar denganatau mungkin juga melintang bidang meridian.
3. Ekuator
Tegak lurus terhadap poros kutub animal-vegetal dan di pertengahan antara kedua kutub.


4. Latitudinal
Sejajar dengan bidang ekuator (Yatim,1994)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar